SATUAN
ACARA PEMBELAJARAN MAKRO
A. IDENTITAS MATA KULIAH
Mata Kuliah :
Konsep
Kebidanan
Kode Mata Kuliah : Bd. 401
Beban
Studi : 4 SKS (T : 2, P
: 2)
Penempatan : Semester I
Pokok
Bahasan : Paradigma Asuhan Kebidanan
Sub
Pokok Bahasan : - Paradigma Kebidanan
-
Komponen Paradigma dalam Asuhan Kebidanan
-
Macam – macam Asuhan Kebidanan
-
Manfaat Paradigma dikaitkan dengan Asuhan Kebidanan
Waktu Pertemuan : 100 menit (10.00 – 11.40 WIB)
Pertemuan ke : 3
Hari/Tanggal : Senin, 23
September 2013
B. TUJUAN INSTRUKSIONAL
1. Tujuan Instruksional Umum
Mahasiswa memahami dan menjelaskan
kembali tentang paradigma kebidanan.
2. Tujuan Instruksional Khusus
Setelah mengikuti perkuliahan ini
mahasiswa diharapkan mampu :
a.
Menjelaskan pengertian paradigma kebidanan dengan tepat
b.
Menjelaskan komponen paradigma dalam asuhan kebidanan
dengan benar
c.
Menjelaskan macam-macam asuhan kebidanan dengan urut
d.
Menjelaskan manfaat paradigma kaitannya dengan konseptual
model kebidanan dengan benar
C. POKOK-POKOK MATERI (Terlampir)
1.
Pengertian Paradigma Kebidanan
2.
Komponen Paradigma dalam Asuhan Kebidanan
3.
Macam-macam Asuhan Kebidanan
4.
Manfaat Paradigma Kaitannya dengan Asuhan Kebidanan
D. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahapan
|
Kegiatan
Calon Dosen
|
Kegiatan
Mahasiswa
|
Media
dan alat
|
Metode
|
Pendahuluan
(± 15 menit)
|
Membuka pelajaran
1.
Memberi salam pembuka
2.
Memperkenalkan diri
3.
Menginformasikan pokok materi yang dibahas
4.
Menjelaskan TIU dan TIK pembelajaran ini
5.
Menjelaskan relevansi pokok bahasan ini dengan
profesi bidan
6.
Melakukan apersepsi materi yang lalu dengan materi
yang akan disampaikan
|
Mendengarkan dan menjawab salam
Mendengarkan
Memperhatikan
Memperhatikan
Menjawab pertanyaan
|
-
-
-
-
-
-
|
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
|
Penyajian
(± 65 menit)
|
1.
Menjelaskan pengertian
paradigma secara umum dengan cara :
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang pengertian paradigma
b.
Meminta tanggapan mahasiswa
lain
c.
Mengklarifikasikan jawaban
d.
Menjelaskan pengertian
paradigma
2.
Menjelaskan komponen
paradigma dalam asuhan kebidanan
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang komponen paradigma dalam asuhan kebidan
b.
Meminta tanggapan
mahasiswa lain
c.
Mengklarifikasikan
jawaban
d.
Menjelaskan komponen
paradigma dalam asuhan kebidanan
3.
Macam - macam asuhan
kebidanan
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang macam-macam asuhan kebidanan
b.
Meminta tanggapan
kepada mahasiswa lain
c.
Mengklarifikasi jawaban
d.
Menjelaskan macam-macam
asuhan kebidanan
4.
Manfaat paradigma
kebidanan kaitannya dengan asuhan kebidanan
a.
Menggali pengetahuan
mahasiswa tentang manfaat paradigma
b.
Meminta tanggapan
mahasiswa lain
c.
Mengklarifikasikan
jawaban
d.
Menjelaskan manfaat
paradigma
|
Mengungkapkan hal-hal yang diketahui
tentang pengertian paradigma
Memberi tanggapan lain tentang
pengertian paradigma
Memperhatikan
Memperhatikan penjelasan tentang
pengertian paradigma
Mengungkapkan hal-hal yang diketahui
tentang komponen paradigma dalam asuhan kebidanan
Memberi tanggapan lain tentang
komponen paradigma dalam asuhan kebidanan
Memperhatikan
Memperhatikan penjelasan tentang
komponen paradigma dalam asuhan kebidanan
Mengungkapkan hal-hal yang diketahui
tentang manfaat paradigma
Memberi tanggapan lain tentang manfaat
paradigma
Memperhatikan
Memperhatikan
Mengungkapkan hal-hal yang diketahui
tentang manfaat paradigma
Memberi tanggapan lain tentang manfaat
paradigma
Memperhatikan
Memperhatikan
|
-
-
-
LCD &
Laptop
-
-
-
LCD dan Laptop
-
-
-
LCD dan Laptop
-
-
-
LCD dan Laptop
|
Tanya jawab
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
Tanya Jawab
Tanya Jawab
Ceramah
Ceramah
Tanya Jawab
Tanya Jawab
Ceramah
Ceramah
Tanya jawab
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
|
Penutup
(± 20 menit)
|
Menutup pertemuan
1.
Memberi kesempatan
kepada mahasiswa untuk bertanya tentang materi yang telah diberikan
2.
Mengevaluasi materi
yang telah disampaikan
3.
Menyimpulkan materi
secara singkat
4. Menutup
pertemuan
5. Memberi salam
penutup
|
Mengajukan pertanyaan
Menjawab pertanyaan & demonstrasi
Memperhatikan
dan mencatat
Memperhatikan
Menjawab salam
|
-
-
-
-
-
|
Tanya jawab
Ceramah
Ceramah
Ceramah
Ceramah
|
E. EVALUASI
1.
Prosedur : a.
Pre Test : ada pada awal kegiatan pembelajaran
(apersepsi)
b. Embosed Test : ada dalam proses pembelajaran
c. Post Test : ada pada akhir kegiatan
pembelajarann
(tes formatif)
2.
Jenis :
Tes Lisan
3.
Bentuk : Tes Subjektif
4.
Alat :
Tes buatan calon dosen
5.
Soal dan kunci jawaban terlampir
F.
REFERENSI
Nurhayati, dkk. 2012. Konsep Kebidanan. Jakarta : Salemba
Medika
Soepardan, Suryani. 2008. Konsep Kebidanan. Jakarta : EGC
Sofyan, Mustika, dkk. 2006. Bidan Menyongsong Masa Depan. Jakarta :
PP IBI
G. LAMPIRAN
Lampiran 1 : Uraian materi
Lampiran 2 : Evaluasi
Lampiran 3 : Media
Lampiran 4 : GBPP/Silabus
Tidak ada komentar:
Posting Komentar